Minggu, 12 Januari 2020

Karya Seni Rupa 2 Dimensi & 3 Dimensi

Karya Seni Rupa 2 Dimensi

  • Karya Lukisan
Seni lukis merupakan salah satu cabang dari seni rupa dengan definisi yang hampir sama. Bidang seni lukis dikhususkan pada pengembangan yang khusus dalam menggambar.Melukis itu sendiri merupakan kegiatan mengolah atau merakayasa medium dua dimensi atau bidang dari obyek tiga dimensi menjadi sesuatu yang memiliki kesan  tertentu. Medium lukisan yang biasa dipakai adalah kanvas, kertas, papan, dan medium lainnya.


Judul Lukisan      :     “Perburuan Rusa”
Pelukis            :     Raden Saleh Syarif Bustaman
Aliran Lukisan     :     Romantisme dan Naturalis
Keterangan Lukisan :
Raden Saleh Syarif Bustaman (1807), pelopor seni lukis modern di Indonesia yang berhasil menguasai gaya romantis yang lazim di Barat pada abad ke-19. Corak lukisannya beraliran Romantis dan Naturalis. Aliran Romantisnya menampilkan karya-karya yang berceritera dahsyat, penuh kegetiran seperti tentang perkelahian dengan binatang buas. Sedangkan gaya naturalisnya sangat jelas nampak dalam melukis potret. Salah satu karyanya yang beraliran romantis, bertema “Perburuan Rusa”,  pada tahun 1846 dengan media  cat minyak dan kanvas.
  • Fotografi
Hasil jepretan Dody Kusuma, seorang nelayan yang melemparkan jala, menjadi pemenang dalam kontes foto Natgeo pada 2013 lalu.
The fisherman at Bira Beach

Foto ini memenangkan kontes foto tahunan National Geographic 2013. Foto Dody yang menampilkan nelayan di senja Pantai Bira, Sulawesi Selatan, didaulat sebagai pemenang Viewers’ Choice. Jepretan ini berhasil mengalahkan sekitar 15.000 entri foto yang masuk dari berbagai belahan dunia.


  • Kaligrafi
seni-rupa-murni-kaligrafi



Kaligrafi adalah seni menulis dengan rangkaian kata atau kalimat indah yang ditulis pada media seperti kertas, batu, kayu dan yang lainnya. Kaligrafi pada umumnya sering menggunakan tulisan arab sebagau media tulisannya. Namun tak jarang juga ada orang yang menggunakan tulisan latin dalam media tulisannya.
  • Poster
GoalPoster.jpg

Poster adalah suatu media publikasi yang di dalamnya terdapat teks, gambar, atau perpaduan keduanya dimana tujuannya untuk memberikan informasi atau pesan kepada khalayak.
Film yang disutradarai oleh Danny Cannon ini pemainnya antara lain ialah Kuno Becker, Alessandro Nivola, Marcel Iures, dan Stephen Dillane. Goal! merupakan film trilogi yang berkisah tentang seorang pemuda Meksiko yang mengejar mimpi menjadi bintang sepak bola profesional. Film ini disutradarai oleh Danny Cannon dan dibintangi oleh Kuno Becker, Alessandro Nivola, Marcel Iures, dan Stephen Dillane.
  • Relief
Kuwera di relief Candi Mendut. Foto: Roy Rosenzweig Center for History and New Media
Relief adalah seni pahat dan ukiran 3-dimensi yang biasanya dibuat di atas batu.

Karya Seni Rupa 3 Dimensi
  • Seni Patung
Hasil gambar untuk SENI PATUNG DAN DESKRIPSINYA

Seni patung merupakan hasil karya tiga dimensi yang dibuat dengan cara mengurangi bahan atau membuat modelnya terlebih dahulu dengan teknik cetak atau cor. 
Tepat berada di depan gerbang masuk Bandara Djalaludin Gorontalo, patung raksasa Bacharuddin Jusuf Habibie yang berpose sambil memegang pesawat terlihat jelas.
  • Arsitektur
Arsitektur merupakan seni yang dilakukan setiap individu untuk berimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam merancang bangunan. 
Yu Sing adalah arsitek Indonesia asal kota Bandung yang terkenal akan kemampuannya bermain dengan material-material daur ulang yang berani dan juga konsep bangunan dan rumah ramah lingkunganArsitek Indonesia Menara Phinisi UNM
Salah satu karya megah dan terbaik dari arsitek Indonesia satu ini adalah Menara Phinisi UNM. Melalui karya Yu Sing satu ini, kamu bisa melihat gaya kontemporer yang memang selalu identik dengan rancangan-rancangan yang ia buat.
  • Seni Kriya
Istilah “kriya” diambil dari kata “Krya” yang merupakan bahasa sansekerta yang artinya adalah mengerjakan. Sehingga pengertian seni rupa kriya ini bisa diartikan sebagai hasil pengerjaan manusia. Jika merujuk pada kata seni, seni adalah sebuah hasil karya manusia yang memiliki nilai keindahan. Oleh sebab itu, seni rupa kriya adalah seni pengerjaan yang mengandung keindahan.
  • Seni Instalasi
Hasil gambar untuk seni instalasi
Seni Instalasi adalah karya seni yang dibuat dengan menyusun, merakit dan memasangkan berbagai media Seni, baik dua maupun tiga dimensi sehingga membentuk kesatuan realitas dan makna baru. 
Secara harfiah, instalasi diambil dari bahasa inggris, yaitu Installation yang artinya “pemasangan” atau “menempatkan”. Sehingga Seni Instalasi berkaitan dengan pemasangan sesuatu, yaitu karya yang akan dipamerkan.
  • Karya Keramik
Hasil gambar untuk seni keramik
Seni Keramik adalah cabang seni rupa yang mengolah material keramik yang diubah menjadi karya seni dari yang bersifat tradisional sampai kontemporer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar